DPR Samakan Dividen BLU Perhubungan dan BUMN, Ini Komentar Rini

DPR Samakan Dividen BLU Perhubungan dan BUMN, Ini Komentar Rini
rini soemarno / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan, dividen dari sektor perbankan tidak bisa dibandingkan dengan Badan Layanan Usaha (BLU) Kementerian Perhubungan.

Itu ditegaskan Rini menjawab pernyataan Komisi VI DPR yang menyebutkan bahwa nilai kontribusi deviden tiga BUMN perbankan lebih rendah ketimbang BLU Perhubungan.

"Kami tekankan mengenai BLU Perhubungan bisa berkontribusi Rp 9 triliun sementara kontribusi perbankan tidak sampai segitu. Perlu diingat bahwa BLU secara tidak langsung adalah pendapatan pajak," ujar Rini di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/10).

Mantan menteri perindustrian ini lantas menghitung perolehan kontribusi BUMN bila dinilai dari pajak. Dari hitungan tersebut total dividen bank BUMN bila disatukan jumlahnya tentu akan besar, melebihi BLU Perhubungan.

"Kalau dilihat dari kontribusi BUMN yang dihitung dari pajak, pada tahun 2014, 4 BUMN bisa berikan kontribusi pajak Rp24,8 triliun dan dividen Rp10,26 triliun, jadi total Rp34 triliun. Jadi kami harapkan kontribusi BUMN tidak hanya dilihat dari deviden saja, tapi dari pajak," tandas dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan, dividen dari sektor perbankan tidak bisa dibandingkan dengan Badan Layanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News