Inspektur Upacara HUT TNI di Kodam Jaya, Ahok Bacakan Amanat Presiden

Inspektur Upacara HUT TNI di Kodam Jaya, Ahok Bacakan Amanat Presiden
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi inspektur upacara ‎pada Upacara Parade dan Defile dalam rangka Peringatan ke-70 Hari TNI 2015 Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Saat itu, Ahok, sapaan Basuki, membacakan amanat Presiden pada Upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia 2015.

“Atas nama negara, pemerintah dan juga pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun kepada segenap anggota dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara berada dan bertugas,” kata Ahok saat membacakan amanat Presiden di Lapangan Jayakarta Makodam Jaya, Jakarta, Senin (5/10).

‎Dalam amanat presiden, TNI diharapkan bisa menggunakan momentum usia ke-70 tahun untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. 

“Sejarah mencatat bahwa TNI dilahirkan dari ‘rahim’ rakyat. Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI . Untuk itu, TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat,” ungkap Ahok yang tampak gunakan seragam putih-putih. 

Sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat dan menyakiti hati rakyat. ‎TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat. Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam  menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. 

“Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” ucap Ahok.

‎Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan pentas drama. Cerita pentas drama ini menggambarkan kisah perjuangan Jenderal Soedirman.(gil/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi inspektur upacara ‎pada Upacara Parade dan Defile dalam rangka Peringatan ke-70


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News