Mentan Australia ke Jakarta Pastikan Ketersediaan Pasokan Sapi

Mentan Australia ke Jakarta Pastikan Ketersediaan Pasokan Sapi
Mentan Australia ke Jakarta Pastikan Ketersediaan Pasokan Sapi

Menteri Pertanian Australia Barnaby Joyce memulai kunjungan kerjanya di Jakarta, Selasa (6/10/2015), dengan misi memberi jaminan pasokan sapi Australia dengan harga terjangkau. Secara praktis, Menteri Barnaby Joyce mendorong pemerintah Indonesia memberlakukan sistem kuota tahunan dalam impor sapi.

Menteri Joyce merupakn menteri ketiga dari Australia yang berkunjung ke Indonesia dalam dua bulan terakhir, menunjukkan semakin membaiknya hubungan kedua negara terutama di sektor perdagangan.

Mentan Australia ke Jakarta Pastikan Ketersediaan Pasokan Sapi
Menteri Pertanian Barnaby Joyce berkunjung ke Jakarta guna memastikan ketersediaan pasokan sapi Australia. (Foto: Facebook/Barnaby Joyce)

 

Tujuan kunjungan ini, kata Menteri Joyce, guna memberi jaminan kepada pihak Indonesia mengenai ketersediaan pasokan sapi Australia.

"Selain itu juga menjamin keterjangkauan harga daging sapi di pasaran di Jakarta sehingga masyarakat Indonesia senang dengan harga yang terjangkau bagi kebutuhan protein mereka," katanya.

Menteri Joyce akan melanjutkan upaya yang dilakukan Menteri Perdagangan Andrew Robb yang sebelumnya juga datang ke Jakarta melobi perlunya sistem kuota tahunan dalam impor sapi.

Selama ini Pemerintah Indonesia melanjutkan tradisi pemerintahan sebelumnya yang memberlakukan sistem kuota tiap tiga bulan (kuartal) dalam impor sapi. Akibatnya, harga daging sapi terkadang melonjak tajam di saat-saat tertentu, dengan para spekulan berdalih kurangnya ketersediaan pasokan.

Menteri Pertanian Australia Barnaby Joyce memulai kunjungan kerjanya di Jakarta, Selasa (6/10/2015), dengan misi memberi jaminan pasokan sapi Australia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News