Riau Lembek Atasi Pembakar Lahan, Aceh Lebih Garang

Riau Lembek Atasi Pembakar Lahan, Aceh Lebih Garang
Kabut asap di wilayah Riau. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyatakan, penegakan hukum pada pelaku pembakaran lahan dan hutan seharusnya bisa dilakukan pemerintah daerah sejak awal sebelum terjadi asap merajalela.

Namun, selama ini pemda cenderung melakukan pembiaran. Menurut Manajer Kampanye Walhi, Zenzi, Pemda Aceh cenderung lebih garang dalam menyikapi karlahut tersebut dibanding Pemda Riau.

"Di Aceh, sanksi pada perusahaan bisa sampai miliaran. Izinnya ratusan dicabut kepala daerah. Sementara di Riau, vonis pada pelaku saja tidak sampai 5 persen," ujar Zenzi dalam diskusi 'Asap Makin Pekat, Pembakar Kita Sikat' di Cikini, Sabtu (10/10).

Hal itu,  ujar Zenzi, bukan hanya terjadi di Riau tapi juga di wilayah lainnya. Akibatnya, asap dan karlahut selalu terjadi tiap tahun. Kebakaran hutan itu sendiri, tegasnya, baru terjadi pada  1997. Terutama di Riau.

Hal itu, yang menurut Zenzi, perlu dipertanyakan pada pemda. Ia meyakini pemberian izin yang masif diberikan pada perusahaan yang mengakibatkan kebakaran itu terjadi.

"Sebelum 1997, kenapa tidak ada karlahut dan asap. Memangnya dulu tidak ada hutan?. Inilah kenapa saya bilang ada relasi kuat antara izin pemakaian hutan dan kebakaran hutan," tegasnya.
 
Menurutnya, pemberian izin makin rajin diberikan pemerintah pada perusahaan jelang pemilu. Ia mencontohkan, di Riau izin makin masif diberikan pada 1999 silam jelang pemilu.(flo/jpnn)

 


JAKARTA--Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyatakan, penegakan hukum pada pelaku pembakaran lahan dan hutan seharusnya bisa dilakukan pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News