Inilah Generasi Yang Diincar Asuransi

Inilah Generasi Yang Diincar Asuransi
Ilustrasi. Foto: Radar Kedu

jpnn.com - JAKARTA - Industri asuransi nasional masih berharap banyak kepada masyarakat kelas menengah yang jumlahnya sekitar 56 persen dari total penduduk Indonesia. Secara lebih khusus, industri asuransi membidik masyarakat kelas menengah yang lahir pada 1980-an.

''Saat ini terjadi perubahan pasar, yakni dari generasi yang dilahirkan sebelum 1970-an menjadi generasi yang lahir era 80-an. Sekarang mereka berusia 30-35 tahun, masih single atau memiliki keluarga kecil,'' ujar Harry H. Diah, anggota pengawas Dewan Asuransi Indonesia, kemarin (25/10).

Mereka dianggap lebih potensial karena lebih sadar terhadap fungsi asuransi serta memiliki cukup uang dan banyak kebutuhan yang terkait dengan asuransi. ''Kebanyakan mereka berasal dari kelompok middle class yang cenderung membeli yang simpel, dengan cara yang cepat dan premi yang murah,'' tuturnya.

Sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah asuransi, kata Hary, mereka mencari pengetahuan yang cukup tentang produk yang akan dibeli. ''Mereka ini ingin tahu perhitungan, benefit yang mereka dapatkan, dan sedikit menekankan hubungan personal atau lebih akrab,'' ungkap dia. (wir/jos/jpnn)


JAKARTA - Industri asuransi nasional masih berharap banyak kepada masyarakat kelas menengah yang jumlahnya sekitar 56 persen dari total penduduk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News