Alhamdulillah, Kabut Asap Belum Ganggu Tahapan Pilkada Kalsel

Alhamdulillah, Kabut Asap Belum Ganggu Tahapan Pilkada Kalsel
Alhamdulillah, Kabut Asap Belum Ganggu Tahapan Pilkada Kalsel

jpnn.com - JAKARTA - Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Tarmizi A Karim mengatakan, kabut asap yang meliputi 75 persen wilayah Indonesia, belum mengganggu proses tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kalimantan Selatan.

Proses masih dapat berjalan dengan baik, karena penyelenggara pemerintah daerah dan penyelenggara pilkada telah melakukan sejumlah antisipasi. 

"Sampai hari ini (Senin,red) kita doakan semoga enggak terganggu (tahapan pilkada,red), masih lancar," ujar Tarmizi di Gedung Kemendagri. 

Menurut Tarmizi, beberapa langkah antisipasi yang dilakukan antara lain terkait kondisi logistik pilkada. Kebutuhan ditampung pada tempat-tempat yang tidak terdampak kebakaran hutan.

Selain itu pemerintah juga melakukan pemantauan khusus terhadap daerah-daerah di mana logistik di simpan. sehingga sewaktu-waktu ketika terdapat keadaan mendesak, dapat diambil langkah antisipasi secara cepat.

"Karena bagian-bagian logistik disimpan di kabupaten/kota, maka kami perhatikan betul kabupaten/kota itu. Kami tampung logistik-logistik itu. sejauh ini masih lancar," ujarnya.

Selain itu, Pemprov Kalsel kata Tarmizi, saat ini juga tengah menyiapkan tempat untuk menampung sekitar 200 pengungsi korban asap dari Kalimantan Tengah. 

"Untuk tahap awal sekitar 200 orang, tapi ini belum diputuskan. Tapi kami tetap mempersiapkan (tempat,red) secara bertahap. Arahan Presiden sebisa mungkin berdekatan (dari tempat asal pengungsi,red). Nanti dicarikan tempat, asalkan saja kualitas udaranya masih bisa, oksigen bagus," ujar Tarmizi.

JAKARTA - Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Tarmizi A Karim mengatakan, kabut asap yang meliputi 75 persen wilayah Indonesia, belum mengganggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News