Ini Bahaya Menggunakan Pil Kontrasepsi...

Ini Bahaya Menggunakan Pil Kontrasepsi...
Ini Bahaya Menggunakan Pil Kontrasepsi...

jpnn.com - SEBUAH kehamilan merupakan momen kebahagiaan yang dirasakan oleh pasangan. Tapi, bagi sebagian orang, kehamilan ternyata bukanlah sebuah prioritas utama dalam suatu pernikahan.

Untuk menghindari kehamilan, wanita biasanya sering mengonsumsi pil kontrasepsi untuk menghindari kelahiran yang tidak diinginkan. 

Namun, tahukah anda jika mengonsumsi pil kontrasepsi berlebihan, akan memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh?

Terlalu sering menggunakan pil kontrasepsi (OCP) oleh perempuan bisa menyebabkan peningkatan pembekuan darah yang mengakibatkan peningkatan risiko masalah kardiovaskular.

Menurut dokter, kelebihan menggunakan kontrasepsi oral telah dikaitkan dengan faktor imun dan inflamasi diubah.

" Tidak ada keraguan bahwa penggunaan pil oral kontrasepsi yang berlebihan telah dikaitkan dengan gangguan kekebalan kronis dengan komponen inflamasi dan mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak teratur," kata konsultan ginekolog dan kebidanan, Bandita Sinha, seperti dilansir laman India Times, Rabu (28/10).

Salah satu gejala yang diakibatkan oleh penggunaan pil kontrasepsi secara berlebihan adalah nyeri payudara dan alergi kulit serta menstruasi yang tidak teratur.

"Kami menemukan bahwa perempuan di kelompok usia 19 tahun hingga 25 tahun lebih sering mengonsumsi pil kontrasepsi," kata Sinha.

SEBUAH kehamilan merupakan momen kebahagiaan yang dirasakan oleh pasangan. Tapi, bagi sebagian orang, kehamilan ternyata bukanlah sebuah prioritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News