Lah.. Dapat Adipura, Kok Masih Banyak Daerah Kumuh?

Lah.. Dapat Adipura, Kok Masih Banyak Daerah Kumuh?
Adipura. Foto: JPNN

jpnn.com - BANJARMASIN – Kota Banjarmasin memang berhasil meraih piala Adipura. Namun, bukan berarti Banjarmasin bebas kawasan kumuh. Sebab, jumlah daerah kumuh di Banjarmasin ternyata masih sangat luas.

Hal itu terungkap dari data yang dibeberkan Dinas Pekerjaan Umum Kalsem Bidang Cipta Karya. Dari luas wilayah 9.864 hektare, sebanyak 549,7 di antaranya ialah daerah kumuh.

Tim Leader OSP 6 Kalsel,  Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman (P2KKP) Kalsel, Iwan Setiawan mengatakan, dari 52 jumlah kelurahan yang ada di Banjarmasin, hampir seluruh wilayah terdapat kawasan kumuh.

“Cukup tersebar, seperti di daerah Kelayan, Alalak, Surgi Mufti dan daerah pinggiran lain,” terang Iwan di sela Lokakarya Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) di Hotel Victoria Banjarmasin, Selasa (1/12) kemarin.

Jika di kawasan kota banyak terdapat kawasan kumuh, berbeda di daerah kabupaten. Dia mencontohkannya seperti di Hulu Sungai Tengah (HST) yang  kawasan kumuhnya hanya berkisar 13 hektare.

“Data diambil dari SK kepala daerah masing-masing. Banjarmasin memang termasuk teratas soal kawasan kumuh. Namun, masih wajar untuk kawasan perkotaan. Apalagi, kawasan kumuh itu kebanyakan memang berada di bantaran sungai,” jelas Iwan. (mr-140/jos/jpnn)


BANJARMASIN – Kota Banjarmasin memang berhasil meraih piala Adipura. Namun, bukan berarti Banjarmasin bebas kawasan kumuh. Sebab, jumlah daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News