Divestasi Saham PT FI, Pemerintah Jangan Tempuh Jalur Ini Ya...

Divestasi Saham PT FI, Pemerintah Jangan Tempuh Jalur Ini Ya...
Ilustrasi main saham. Foto: Olymp trade

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, rencana PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk melakukan pelepasan sebagian saham (divestasi) lewat initial public offering (IPO), tidak akan memutus rantai pemburu rente.

Marwan menambahkan, jika perusahaan tambang Amerika Serikat (AS) itu dibiarkan divestasi lewat IPO, maka yang akan terjadi, saham yang dimiliki Indonesia tidak akan bertambah. Justru mentok dikisaran 9 persen. 

“Dengan kita biarkan (Freeport) IPO, maka saham kita tidak akan bertambah. Mentok aja di situ," ujar Marwan dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (5/12).

Untuk itu, Marwan mengingatkan jika pemerintah memang berniat memutus rantai pemburu rente di masa lalu, maka jangan biarkan Freeport melakukan pelepasan saham lewat IPO.

“Kita putus tradisi yang jelek, tapi kita tetap saja menerima apa yang sudah ada di MoU. Divestasi ingin IPO, smelter tidak dibangun Papua, ada kerusakan lingkungan tidak dibayar. Ini saya khawatir tradisi masa lalu tetap ada," tandas Marwan.(chi/jpnn)

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, rencana PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk melakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News