Berapa Biaya Perpanjangan SIM Online? Klik aja deh

Berapa Biaya Perpanjangan SIM Online? Klik aja deh
Salah seorang warga memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis pada peluncuran SIM Online secara nasional di Taman Kambang Iwak Palembang.(6/12). Foto: Budiman/Sumatera Hari Ini/JPG

jpnn.com - PALEMBANG – Launching layanan SIM Online dilakukan di Kambang Iwak, Palembang, kemarin. Ratusan pemilik SIM yang ingin melakukan perpanjangan rela antre demi bisa melakukan perpanjangan SIM secara gratis.

Wardi (45), salah satunya. Masa berlaku SIM C-nya sudah habis sebulan lalu. “Saya berusaha bisa perpanjangan gratis hari ini,” katanya. Menurutnya, tidak ada persyaratan khusus yang merepotkan. Dia hanya membawa KTP, SIM lama, foto 3x4 dua lembar.

Warga lain yang mengikuti acara launching SIM Online itu, Weni (35) mengatakan layanan baru ini memberikan kemudahan bagi masyarakat. Meski dia bukan warga Palembang, tapi dengan bisa memperpanjang SIM di kota pempek, itu dirasakannya sangat membantu. “Mudah-mudahan ke depan layanan ini makin luas dan bisa di kota mana saja,” tuturnya.

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Bambang Pristiwanto MM mengatakan,layanan memperpanjang SIM secara online bisa dilakukan jika SIM masih berlaku. “Minimal tiga bulan sebelum habis atau tiga bukan setelah habis masa berlakunya,” jelasnya.

Lebih dari rentang waktu itu, maka SIM tersebut tidak dapat diperpanjang secara online. “Pemilik SIM harus membuat SIM baru,” katanya.

Biaya perpanjangan SIM C secara online hanya Rp 75 ribu, sedang SIM A Rp 80 ribu. Tahun 2016, layanan SIM Online ini akan diberlakukan di semua kabupaten/kota se-Sumsel.

Namun, pemberlakuannya secara bertahap karena perlu pengadaat alatnya dulu. Layanan SIM Online ini terkoneksi langsung ke jaringan pusat. Sepanjang jaringan lancar, maka proses pelayanan perpanjangan SIM akan cepat.

Untuk memaksimalkan layanan ini, ada empat mobil SIM keliling yang siap mangkal di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat. Kapolda Sumsel, Irjen Pol Iza Fadri menambahkan, dengan adanya layanan SIM Online dapat memberikan terobosan baru dan melakukan penertiban lalu lintas. masyarakat ini juga sebagai tolak ukur bagaimana memberikan pelayanan publik. (uni/sam/jpnn)


PALEMBANG – Launching layanan SIM Online dilakukan di Kambang Iwak, Palembang, kemarin. Ratusan pemilik SIM yang ingin melakukan perpanjangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News