Jakarta Jadi Provinsi Literasi Pertama di Indonesia

Jakarta Jadi Provinsi Literasi Pertama di Indonesia
Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi/ dok Radar Bangka

jpnn.com - JAKARTA- Pemprovi DKI Jakarta menjadi provinsi literasi pertama di Indonesia. Ini ditandai dengan pendeklarasian oleh Pemprov DKI sebagai bentuk dukungan terhadap Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Dalam Permendikbud tersebut, diatur mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran sekitar 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.‎

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, pendeklarasian DKI Jakarta sebagai provinsi literasi diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi daerah-daerah lain untuk ikut aktif menjadi provinsi literasi.

“Semangatnya adalah bagaimana meningkatkan budaya membaca dan menulis. Bagaimana menjadikan anak-anak kita sejak di bangku sekolah sudah terbiasa, dan menjadikan membaca dan menulis sebagai budaya,” katanya, Kamis (28/1).

Didik menambahkan, Kemendikbud juga akan membantu meningkatkan budaya membaca dan menulis dengan berbagai upaya, salah satunya melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dengan fasilitasi buku-buku bermuatan pendidikan karakter.

“Kami juga akan mengupayakan agar perpustakaan ramah anak, sehingga dapat membuat anak-anak betah di perpustakaan untuk membaca,” tuturnya. (esy/jpnn)


JAKARTA- Pemprovi DKI Jakarta menjadi provinsi literasi pertama di Indonesia. Ini ditandai dengan pendeklarasian oleh Pemprov DKI sebagai bentuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News