Tunjangan Anggota Dewan Belum Cair Juga, Anak Buah Prabowo Murka

Tunjangan Anggota Dewan Belum Cair Juga, Anak Buah Prabowo Murka
Tunjangan Anggota Dewan Belum Cair Juga, Anak Buah Prabowo Murka

jpnn.com - PURWOKERTO - Tunjangan komunikasi anggota DPRD Banyumas hingga minggu keempat belum juga cair. Padahal tunjangan lain seperti tunjangan representatif dan perumahan sudah cair sejak 7 Januari lalu. 

Belum cairnya tunjangan sebesar Rp 5 juta itu karena alasan persyaratan yang diajukan bagian Sekretariat Dewan (Setwan) ke Bendahara Umum Daerah (BUD) Pemkab Banyumas belum lengkap.

Anggota DPRD dari Partai Gerindra Yoga Sugama mengatakan, biasanya pencairan tunjangan komunikasi dan tunjangan lain yang merupakan komponen gaji wakil rakyat diterima awal bulan. Namun untuk Januari, baru tunjangan representaif yang cair.

"Nilai yang paling banyak justru di tunjangan komunikasi sekitar Rp 5 juta, kalau tunjangan lainnya tidak begitu besar. Keterlambatan ini merepotkan kita, karena untuk mobilitas minimal untuk beli bensin, belum lagi untuk kebutuhan bulanan," katanya, Kamis (28/1).

Menurutnya, gaji DPRD terdiri atas beberapa tunjangan. Antara lain tunjangan komunikasi, tunjangan representatif, dan tunjangan perumahan. Pencairan tunjangan komunikasi mengacu pada SK Bupati dan sampai saat ini SK belum turun. 

"Kalau keterlambatan tunjangan representatif kemarin, informasinya karena belum masuk dalam sistem keuangan daerah (Simda), ini kan lucu. Anggaran rutin DPRD untuk bulan Januari 2016, seharusnya kan sudah dimasukan dalam Simda sejak bulan Desember 2015," jelas anak buah Prabowo Subianto itu.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Irawati mengatakan, selaku BUD pihaknya tidak ada niatan menghambat proses pencairan tunjangan. Kondisi tersebut terjad, karena SKPD pengguna anggaran, yakni bagian Setwan belum melengkapi persyaratan administrasi.

"Kita tidak ada masalah dengan DPRD, karena pembahasan anggaran selama ini juga lancar-lancar saja. Ini murni karena administrasinya belum lengkap," tuturnya.

PURWOKERTO - Tunjangan komunikasi anggota DPRD Banyumas hingga minggu keempat belum juga cair. Padahal tunjangan lain seperti tunjangan representatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News