Makna di Balik Kang Emil Kenakan Peci

Makna di Balik Kang Emil Kenakan Peci
Ridwan Kamil. Foto: Fajri Achmad/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 diprediksi bakal seru. Sebab, hingga saat ini belum terbaca pola koalisi partai yang akan mengusung pasangan calon. 

Terlebih, pola pengkubuan Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah tidak bisa lagi dijadikan acuan karena sudah mulai “kabur”.

Peneliti Senior Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menuturkan, PDI Perjuangan sebagai satu-satunya parpol yang bisa mengusung pasangan calon gubernur dan wakil tanpa harus berkoalisi, kemungkinan akan mencari aman. Artinya, seperti partai-partai yang lain, PDIP juga akan mengusung tokoh yang sesuai dengan kehendak warga Jakarta.

Berdasarkan hasil sensus BPS 2010, jumlah penduduk beragama Islam di Jakarta mencapai 82 persen. Koalisi tentunya harus bisa meyakinkan pemilik suara mayoritas itu. 

Karyono memperkirakan, calon gubernur yang dimunculkan akan berupaya merepresentasikan pemimpin Islam. 

Saat ini, Walikota Bandung Ridwan Kamil yang kerap mengenakan peci ketika tampil di publik, tentunya sangat diperhitungkan. "Popularitas Kang Emil (Ridwan Kamil) juga cukup baik," tukas dia. (wok/sam/jpnn)


JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 diprediksi bakal seru. Sebab, hingga saat ini belum terbaca pola koalisi partai yang akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News