Gubernur Sumbar Puji Sikap Peduli Masyarakat Minang di Perantauan

Gubernur Sumbar Puji Sikap Peduli Masyarakat Minang di Perantauan
Gubernur Sumatera Barat, Profesor Irwan Prayitno (kedua kiri). FOTO: Padang Ekspress/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Gubernur Sumatera Barat, Profesor Irwan Prayitno mengatakan bangga dengan sikap masyarakat Minang di perantauan yang sangat peduli dengan kampung halamannya. Setiap bertemu dengan masyarakat perantau Minang, ujar Irwan, selalu ditanyakan bagaimana kemajuan kampung halamannya.

Hal tersebut dikatakan Irwan Prayitno dalam acara Silaturrahim dengan warga Minang di Perantauan yang berlangsung di Jakarta, Jumat (12/2).

“Kemana pun saya pergi dalam masa jabatan gubernur periode sebelumnya, saya harus siapkan jawaban atas pertanyaan perantau Minang tentang kampung halamannya,” kata Irwan Prayitno.

Fakta tersebut, ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, menjadi pembeda antara perantau Minang dengan etnis lainnya di dunia. “Perantau Minang ini sangat mencintai tanah kelahirannya,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Kepedulian perantau Minang, menurut Irwan Prayitno, tidak hanya sekadar ingin tahu perkembangan kampung halamannya. Kalau perantau Minang diberitahu bahwa jalan ke kampungnya rusak, secepatnya mereka berinisiatif mengumpulkan uang dan dikirim ke kampungnya.

Jadi tidak aneh kalau infrastruktur jalan di pelosok kampung Sumbar yang dibangun oleh perantau relatif lebih baik di banding jalan-jalan desa yang ada di Pulau Jawa.

“Ini juga bikin iri suku lain termasuk Jawa karena yang membangun adalah perantau,” ucap Irwan.

Untuk menjalani masa jabatan kedua sebagai gubernur, Irwan menegaskan akan mengoptimalisasi potensi besar perantau ini sebab Sumbar tidak mungkin dibangun hanya menghandalkan APBD Provinsi, kabupaten dan kota.

JAKARTA – Gubernur Sumatera Barat, Profesor Irwan Prayitno mengatakan bangga dengan sikap masyarakat Minang di perantauan yang sangat peduli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News