Jokowi Ajak WNI di AS Pulang ke Indonesia

Jokowi Ajak WNI di AS Pulang ke Indonesia
Presiden Joko Widodo. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - SAN FRANSISCO - Presiden Joko Widodo meminta anak-anak muda Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya Amerika Serikat untuk pulang dan mengembangkan karier mereka di tanah air. Ia mengatakan, generasi muda Indonesia tidak perlu ragu kembali ke negeri asal.

"Mau pulang, pulang aja," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu ketika bertemu ‎dengan Diaspora Indonesia di Auditorium Palace of Fine Arts, San Francisco, Selasa (16/2).

Itu disampaikan Jokowi untuk menjawab pertanyaan Maya, seorang profesional yang bekerja di bidang IT di Silicon Valley‎, San Francisco.

Maya menanyakan tentang kemudahan apa yang akan diberikan pemerintah Indonesia untuk anak-anak muda kreatif yang telah memiliki jejaring untuk mengembangkan digital ekonomi di tanah air.

Presiden menjelaskan bahwa pengalaman bekerja sebagai seorang profesional di negara maju seperti Amerika Serikat, tentunya akan ‎menjadikan nilai tambah yang besar bagi negara. "Saya ingin dalam waktu yang sangat cepat ini ada 1000 technopreneurs dan developers," kata Jokowi.

 Menurutnya, Indonesia memang sudah seharusnya‎ menyiapkan technopreneurs dan developers agar tidak tertinggal dengan negara-negara lainnya. "Jangan sekali-kali ini diambil negara lain," tegasnya.

Jokowi menggarisbawahi bahwa peluang berusaha di Indonesia masih sangat terbuka luas. Berbagai aplikasi untuk masyarakat masih dibutuhkan, seperti aplikasi prakiraan cuaca untuk nelayan, petani dan juga aplikasi UMKM.

Bahkan aplikasi untuk pasar tradisional juga diperlukan, misalnya harga yang tinggi untuk suatu komoditi di suatu pasar dapat ditutup dengan mengirim suplai dari pasar lainnya. "Kesempatan itu sekarang," imbuhnya.

SAN FRANSISCO - Presiden Joko Widodo meminta anak-anak muda Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya Amerika Serikat untuk pulang dan mengembangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News