Ibas Yakin Kurikulum 2013 Melahirkan Generasi Berkarakter

Ibas Yakin Kurikulum 2013 Melahirkan Generasi Berkarakter
Anggota Komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kurikulum 2013 diberlakukan secara nasional mulai Juli mendatang. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan sekolah sasaran akan mulai menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) yang telah direvisi.

Pemerintah pun optimistis, seluruh sekolah yang menerapkan K-13 akan mudah mengimplementasikannya karena metodenya kini telah disederhanakan dan diringkas.

Menyikapi hal tersebut, anggota Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menyambut baik penerapan sistem pendidikan Indonesia yang telah disempurnakan tersebut.

“Kami optimis K-13 yang mulai diterapkan di era pemerintahan SBY dapat mewujudkan siswa-siswi menjadi Indonesianist yang berbudaya, berkarakter serta terampil. Metode pembelajaran yang tematik dan terpadu semakin membuka peluang Indonesia menyambut terciptanya generasi emas Indonesia," kata Ibas di sela Penataran Pimpinan dan Kader Utama Partai Demokrat di Bogor, Kamis, (31/3).

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Jawa Timur VII ini menegaskan bahwa Indonesia harus terus meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air seiring dengan berkembangnya dinamika ilmu pengetahuan global.

Dengan demikian, lanjut Ibas, Indonesia bisa terus mencetak generasi penerus yang berkualitas internasional serta memiliki daya saing. "Dunia terus berubah, Indonesia harus menyesuaikan. Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kita terus bangun generasi berdaya saing global,” imbuhnya.

Menurut Ibas, banyak tantangan dunia pendidikan Indonesia yang harus dihadapi generasi penerus bangsa. Implementasi K13 memuat aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku anak didik.

“Semoga mereka bisa terus mengembangkan berbagai penelitian strategis untuk membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan dan energi, formula transpotasi publik, farmasi dan bidang lain yang dibutuhkan masyarakat Indonesia,” katanya.(fas/jpnn)


JAKARTA – Kurikulum 2013 diberlakukan secara nasional mulai Juli mendatang. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News