Ini Peran Penelitan Universitas Dalam Membangun Bangsa

Ini Peran Penelitan Universitas Dalam Membangun Bangsa
Dr. Ganal Rudyanto, M. Hum (kanan) Dekan FSRD Trisakti pada saat pengguntingan pita membuka acara Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kewirausahaan dan Karsacipta Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Kamis (31/3). FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - SETIAP tahun, ribuan penelitian dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilakukan oleh berbagai Universitas. Tapi, penelitian-penelitian itu banyak yang masih berupa laporan hasil kegiatan dan hanya tersimpan di Fakultas. Padahal penelitian hasil PKM di lingkungan perguruan tinggi itu mempunyai peran strategis dalam upaya pembangunan bangsa. 

Demikian diungkapkan Ganal Rudiyanto, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti dalam acara Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, di Universitas Trisakti, Jakarta, Kamis (31/3).
 
“Sebagaimana diketahui, perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis ditengah-tengah masyarakatnya, oleh karenanya kehadiran perguruan tinggi harus bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat sekitar, bangsa dan Negara,” ujar Ganal.
 
Nah, seminar nasional bertemakan “Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kewirausahaan dan Karsacipta Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat” diharapkan dapat menjadi media berbagi ilmu, sehingga hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih berkualitas. Dampaknya bisa dirasakan masyarakat luas. 

“Kami juga berharap seminar ini dapat memberikan kontribusi penelitian dan PKM untuk membangun sumber daya manusia yang unggul, memiliki semangat jiwa maju, sejahtera, adil dan makmur,” ujarnya.
 
Dalam seminar yang diikuti oleh para Mahasiswa, Dosen, serta pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut, terbagi menjadi sesi pararel 4 topik. Yaitu PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Karsacipta, dan PKM Artikel Imliah.

Seminar ini menghadirkan 45 pemakalah. Salah satunya Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih turut hadir sebagai pemakalah.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Nasional, Diah Asmarandani, mengungkapkan bahwa selain menggelar seminar yang memaparkan diseminasi hasil penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, FSRD Universitas Trisakti juga mengadakan pameran hasil-hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
 
“Karena basic ilmu kita adalah desain, maka bentuk pengabdian masyarakat kita lebih banyak membantu dalam bidang desain, seperti membantu UKM dalam meningkatkan kualitas desainnya, selain itu juga kita memberikan solusi-solusi pada pelaku UKM untuk dapat memanfaatkan limbah seperti plastik, kain, dan kayu menjadi produk berguna,” ujarnya.
 
Hal senada diungkapkan Ketua Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan, Sangayu Ketut Laksemi, ia menyebutkan bahwa sudah banyak kegiatan terkait pengabdian masyarakat yang dilakukan FSRD Universitas Trisakti, salah satunya adalah pelatihan pengrajin mebel dari Cirebon. (rmn/indp)


SETIAP tahun, ribuan penelitian dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilakukan oleh berbagai Universitas. Tapi, penelitian-penelitian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News