Bang Uchok: Soal yang Satu Ini, Pusat Selalu Bohongi Daerah

Bang Uchok: Soal yang Satu Ini, Pusat Selalu Bohongi Daerah
Uchok Sky Khadafi. Foto: Dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sistem perpajakan di Indonesia masih sangat tertutup. Wajib pajak tidak bisa mengetahui apakah betul dananya dipakai untuk pembangunan atau tidak.

Sistem bagi hasil pajak juga tidak transparan dan pemerintah pusat selalu membohongi daerah.

“Kita dorong sistem perpajakan kita agar transparan. Wajib pajak harus bisa mengetahui duit yang dia berikan dipakai untuk apa?. Pembagian hasil pajak juga harus adil antara pemerintah pusat dan daerah,” kata Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi, Uchok Sky Khadafi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/4).

Uchok mengatakan, selama ini pemerintah daerah digenjot untuk meningkatkan target pajak. Ketika pajak terkumpul, daerah lalu dibohongi. Bagi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Gubernur Banten, Rano Karno misalnya kata Uchok, sampai saat ini sangat aktif menggenjot penerimaan pajak dari berbagai sektor, termasuk penerimaan pajak kendaraan bermotor.

“Tetapi apakah pembagian bagi hasilnya nanti akan merata? Jangan harap, karena selama ini pemerintah pusat selalu membohongi daerah?” tanya Uchok.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News