Demokrat Sudah Pasrah, Pilih Fokus Cari Cawagub

Demokrat Sudah Pasrah, Pilih Fokus Cari Cawagub
Sandiaga Uno saat mengembalikan formulir penjaringan Demokrat. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Penjaringan calon gubernur Partai Demokrat diikuti oleh sejumlah tokoh yang berambisi untuk duduk di kursi DKI Jakarta 1. Mereka di antaranya adalah Yusril Ihza Mahendra, Teguh Santosa, Muhammad Idrus, Sandiaga Uno dan lainnya.

Meski antusiasme bakal calon cukup tinggi, Demokrat sendiri malah terkesan pesimistis. Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ini bahkan tak menargetkan mengusung gubernur di Pilkada DKI 2017.

"Kami realistis karena Demokrat kan cuma sepuluh kursi (di DPRD DKI). Demokrat tidak akan ngotot harus jadi gubernur. Kalau pada akhirnya posisi bisa cukup untuk wagub ya itulah realitas politik yang akan terjadi nanti," ujar Ketua Bidang Verifikasi Tim Penjaringan Demokrat Lazarus Simon, Selasa (26/4)

Menurut dia, realitas politik yang ada adalah Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa mengusung calon. Melihat peta politik saat ini, koalisi itu harus dibangun dengan partai yang jumlah kursi DPRD-nya lebih besar dari Demokrat.

Dengan begitu, lanjut Lazarus, siapa pun yang lolos dari penjaringan nanti, sangat kecil kemungkinan bakal diusung sebagai cagub. Kemungkinan terbaik, setelah koalisi terbentuk kandidat dari Demokrat akan diposisikan sebagai wakil gubernur saja.

"Mungkin nanti misalnya calon lain itu ada yang tidak mendaftar ke Partai Demokrat, namun kursi dia (partai tersebut) lebih besar, itu deal politik di situ. Pada akhirnya dia yang diusung (jadi cagub) dan yang dari Demokrat harus pada posisi kedua," ucap dia. (Wok/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News