Dosen Dibunuh, Kampus Panas, 4 Mahasiswa Ditangkap

Dosen Dibunuh, Kampus Panas, 4 Mahasiswa Ditangkap
Massa mahasiswa mengadang polisi yang mengevakuasi pembunuh dosen UMSU. Akibatnya, terjadi bentrok mahasiswa dengan polisi, Senin (2/5). Foto: DANIL SIREGAR/SUMUT POS

jpnn.com - MEDAN – Meski diadang massa mahasiswa, polisi terus berupaya mengevakuasi Roy Mando Sah Siregar, mahasiswa yang membunuh dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Dra Hj Nuraini Lubis (63).

Kampus USMU rusuh. Kericuhan semakin parah ketika polisi berhasil mengamankan pelaku dari dalam toilet di toilet lantai I gedung Fakultas Ekonomi.
 
Ratusan Mahasiwa seketika mengejar untuk menghakimi pelaku yang tanpa mengenakan baju dan dipakaikan helm warna merah itu. Akibatnya, sejumlah fasilitas di kampus UMSU seperti pagar pembatas tanaman di halaman kampus, rusak. 

Pukulan dan tendangan, coba didaratkan ratusan Mahasiswa itu pada pelaku, namun tampak yang terkena malah polisi. Oleh karena itu, polisi tampak marah dengan mencoba bersikap lebih tegas, namun malah menyulut kemarahan mahasiswa yang akhirnya sampai melemparkan batu dan kayu, sehingga Polisi menembakkan gas air mata. 

Bahkan, dikabarkan jika 4 orang mahasiswa diamankan karena diduga sebagai provokator.

"Mahasiwa mencoba menghalangi kita karena mereka bermaksud menghakimi sendiri pelaku dan mereka beranggapan wilayah yang kita masukin, merupakan area kampus, " ujar Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihannto.

Situasi, ternyata tidak berhenti hingga pukul 18.30 WIB. Ratusan Mahasiswa, berkumpul di halaman depan kampus mereka dan Polisi membuat barikade di luar, tepat depan gerbang kampus UMSU. 

Oleh karena itu, Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihannto dan sejumlah Pejabat kampus UMSU, menemui ratusan Mahasiswa itu. 

Namun imbauan oleh Kapolresta Medan itu, disambut teriakan dan ejekan dari para Mahasiswa itu. Situasi mulai kondusif, saat Pejabat Kampus UMSU memberi penjelasan dan penegasan akan janji Kapolresta Medan, untuk memulangkan rekan mahasiswa yang diamankan polisi. (ain/ris/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News