Waduh, 40 Persen Sekolah tak Sesuai Standar

Waduh, 40 Persen Sekolah tak Sesuai Standar
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG SELOR – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan Jamaluddin Saleh mengatakan, sekitar 40 persen sekolah di wilayahnya belum memenuhi standar pelayanan minimal pendidikan.

“Kami akui, sekolah-sekolah di Bulungan masih banyak yang belum memenuhi standar minimal. Salah satu faktor kendalanya, karena kondisi geografis,” ungkap Jamaluddin kemarin.

Dia mengatakan, dengan pertimbangan kondisi geografis, untuk saat ini Dinas Pendidikan lebih mengutamakan penyiapan sarana untuk bersekolah. Jika harus memenuhi standar, harus ada sekolah tiap beberapa kilometer.

“Sementara kalau kami terapkan seperti itu, akan banyak anak yang tidak bisa sekolah. Seperti contoh di daerah Kecamatan Peso.  Di Desa Long Yin, yang paling ujung penduduknya sedikit di sana ada sekolah dasar,” imbuhnya.

“Padahal, kalau menyesuaikan standar, sekolahnya tidak sesuai. Muridnya hanya sedikit. Tapi kalau mereka harus sekolah ke desa lain, aksesnya sulit, dan anak-anak bisa tidak sekolah,” ungkap Jamaluddin. (nug/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News