Kasus Yuyun, Begini Pernyataan Keras Menteri Anies

Kasus Yuyun, Begini Pernyataan Keras Menteri Anies
Mendikbud Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengutuk keras kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Yuyun, siswi SMPd I Rejang Lebong, Bengkulu. Dia menyebut kebiadaban 14 orang pelaku sungguh sulit diterima nalar.

“Sebagai warga negara secara pribadi maupun sebagai Mendikbud, saya mengutuk kekerasan yang brutal dan di luar nalar ini," kata Menteri Anies, Rabu (4/5).

Mendikbud juga menegaskan, kejadian ini menjadi pelajaran yang amat mahal bagi seluruh masyarakat bahwa urusan keamanan anak-anak perlu diperjuangkan di dalam maupun di luar sekolah. 

Diketahui, Kemendikbud telah dan sedang bekerja untuk menghilangkan kekerasan di sekolah dengan kampanye soal lintasan sekolah aman, regulasi baru soal penanggulangan kekerasan di sekolah serta upaya-upaya strategis lainnya. 

“Betapapun keras upaya kami untuk menjaga anak-anak itu dalam sekolah, perlu keterlibatan orang dewasa di masyarakat untuk ikut menjaga anak-anak ketika berada di luar sekolah,” ujar Mendikbud.

Mendikbud meyakini bahwa proses hukum sedang berjalan harus dituntaskan dengan baik. Kemendikbud mengapresiasi kerja keras kepolisian yang telah berhasil mengungkap kasus ini. 

Dia berharap agar para pelaku diberikan hukuman yang menjerakan bagi mereka dan mencegah kejadian serupa berulang atau dilakukan oleh pelaku lain. 

Mantan rektor Universitas Paramadina ini juga menyerukan dan mengajak setiap warga negara untuk terlibat dalam menjaga keamanan siswa dalam lintasan berangkat dan pulang ke sekolah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News