Soal Dibagikan Hari Ini, Djarot Jamin tak Bocor

Soal Dibagikan Hari Ini, Djarot Jamin tak Bocor
Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini, Sabtu (7/5), akan dilakukan distribusi soal ujian nasional (UN) tingkat SMP/sederajat untuk wilayah DKI Jakarta.  Distribusi dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta ke seluruh wilayah di Ibu Kota. Pelaksanaan UN SMP sendiri akan dilakukan pada Senin, 9 Mei 2016 mendatang.

Kepala Disdik DKI Jakarta Sopan Andrianto mengatakan, naskah UN dicetak oleh salah satu perusahaan percetakan yang ada di Jawa Timur. Direncanakan naskah tersebut akan tiba di Jakarta pada Jumat malam. ”Sabtu naskah-naskah soal UN itu akan kita distribusikan ke Sudin Disdik di lima kota,” terangnya kemarin, Jumat (6/5). 

Setelah itu, naskah akan disebar kembali ke tiap rayon. Kemudian, untuk di Kepulauan Seribu, naskah UN baru didistribusikan pada Minggu (8/5). Dia menerangkan, pada UN kali ini, siswa SMP/sederajat di DKI masih belum bisa menggunakan berbasis komputer (UNBK) secara menyeluruh. 

Sejumlah sekolah pun masih ada yang menggunakan sistem berbasis pensil dan kertas (UNKP).  Namun begitu, target UN 2017 mendatang semua sekolah di Jakarta  menggunakan basis komputer. Seperti di sekolah-sekolah swasta masih banyak yang belum memiliki perangkat komputer untuk pelaksanaan ujian nasional. 

”Kami upayakan melakukan subsidi silang tahun 2017. Jadi ketika sekolah SMA dan SMK sudah selesai ujian, kemudian tahap berikutnya adalah SMP jadi komputer yang dimiliki SMA dan SMK itu akan diperbantukan untuk ujian SMP,” jelasnya.

Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat, berharap UN tingkat SMP/sederajat yang akan digelar di Jakarta berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Semua soal diharuskan terdistribusi tepat waktu. ”Kami berharap semuanya lancar,” ucapnya.

Djarot juga meyakini, tidak ada kebocoran soal UN. Karena, ujar juga mantan Wali Kota Blitar dua periode itu, semua terkait persoalan UN tingkat SMP/sederajat ini  sudah dipersiapkan dengan baik. ”Kita yakin tidak ada kebocoran soal, jadi semua pihak tidak perlu khawatir,” tandas juga Wagub DKI yang juga kader PDIP tersebut. (wok/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News