Ahok Ingin Kembalikan Pasar Ikan Seperti Zaman Belanda

Ahok Ingin Kembalikan Pasar Ikan Seperti Zaman Belanda
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Situs bersejarah benteng di Pasar Ikan, Jakarta Utara, sudah berada di bawah permukaan air laut. Bahkan terendam hingga dua meter lebih. Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, ada beberapa langkah yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengembalikan kawasan itu menjadi cagar budaya.

Selain itu, perlu dilakukan pengerukan, mengingat kondisi benteng yang sudah berada dua meter di bawah permukaan laut. Namun berbeda dengan pengerukan pada umumnya, dalam hal ini kata gubernur yang akrab disapa Ahok itu, perlu dilakukan sangat hati-hati. Agar peninggalan bersejarah tidak rusak.

"Kami ‎kerja sama dengan arkeolog UI. Kami akan restorasi kembali. Kami lagi tentukan bagaimana itu akan dibuat. Karena terendam sampai dua meter," ujar Ahok di Jakarta, Kamis (12/5).

Menurut Ahok, ‎proses akan dimulai setelah sebelumnya pemprov memiliki foto-foto kawasan Pasar Ikan di masa 1800-an.

"Kami punya fotonya tahun 1800-an. Itu di atas benteng sudah tertanam ke laut, kan sudah turun dua meter lebih, kami mau gali, mau balikin," tutur Ahok.

Selain benteng, di kawasan tersebut kata Ahok, sebelumnya juga ada jembatan. Itu terlihat setelah dilakukan penggalian pada muara sungai, yang ada di sekitar Pasar Ikan.

‎"Kami sudah gali sungai, ketemu pondasi jembatan, nah ini juga mau kami balikin, mau direstorasi," tandas Ahok.(gir/jpnn)

JAKARTA - Situs bersejarah benteng di Pasar Ikan, Jakarta Utara, sudah berada di bawah permukaan air laut. Bahkan terendam hingga dua meter lebih.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News