Zulkifli Ingatkan Pesan Kasih Sayang dalam Pancasila

Zulkifli Ingatkan Pesan Kasih Sayang dalam Pancasila
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - SURABAYA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan bahwa seorang pemimpin perlu mengedepankan dialog dan bermusyawarah untuk mufakat. Menurutnya, kepemimpinan yang mengedepankan dialog merupakan wujud pemahaman yang baik atas Pancasila.

Berbicara pada pembukaan sosialisasi Empat Pilar MPR di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (12/5), Zulkifli mengatakan, Pancasila merupakan cerminan kasih sayang. "Tapi, apakah cinta kasih dan kasih sayang itu masih melekat di keluarga kita sekarang ini, itulah yang menjadi masalah," katanya.

Selain Zulkifli, pembicara lain dalam acara itu adalah  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Rektor Unair Prof. Dr. Moh. Nasih, SE dan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Zulkifli menambahkan, perilaku setiap warga negara Indonesia harus selalu berpedoman pada Pancasila.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu lantas mencontohkan cara Bupati Bojonegoro, Suyoto saat membangun jembatan yang melintasi tanah warganya. Zulkifli menjelaskan, warga ternyata justru rela menyerahkan tanahnya untuk jembatan tanpa ganti rugi.

Ternyata kuncinya memang dialog. "Karena musyawarah mufakat itu asli Indonesia," katanya.(adv/ara/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
Jangan Berantem soal SARA


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News