ISIS Unjuk Gigi, 41 Calon Polisi dan 6 Pengawal Jenderal Tewas

ISIS Unjuk Gigi, 41 Calon Polisi dan 6 Pengawal Jenderal Tewas
Militer Yaman memperketat penjagaan usai bom bunuh diri menyerang Mukalla. Foto: AFP

jpnn.com - ADEN - Sebuah bom bunuh diri meledak di Kota Mukalla, Provinsi Hadramawt, Yaman, Minggu (15/5). Pelaku meledakkan diri saat membaur dengan calon polisi yang sedang antre di kantor kepolisian setempat.

Sebanyak 41 calon polisi menjadi korban. Lebih dari 50 orang menderita luka-luka. ISIS mengklaim sebagai dalang di balik ledakan tersebut. ’’Saudara kami Abu Al Bara Al Ansari meledakkan sabuk berpeledak miliknya di kerumunan pasukan keamanan yang murtad,’’ ujar pihak ISIS.

Kelompok radikal yang berbasis di Irak dan Syria itu biasanya jarang melakukan aksi di Yaman. Sebab, Yaman merupakan pusat rival mereka, yakni militan Al Qaeda. Namun, sejak setahun lalu, ketika Al Qaeda semakin terdesak oleh pasukan pemerintah yang didukung Amerika Serikat (AS), ISIS mulai berani 'unjuk gigi'. 

Serangan di Mukalla tersebut bukan teror terakhir. Rupanya, target utama ISIS adalah Kepala Keamanan Hadramawt Jenderal Mubarak Al Qubthani. Saat serangan pertama terjadi, Al Qubthani berada di lokasi kejadian. Untungnya, dia selamat. Dia lantas menuju kantornya. Nah, saat Al Qubthani keluar dari kantor, bom lain meledak. Enam petugas keamanan yang menjaga Al Qubthani tewas. Al Qubthani hanya terluka ringan.

Pada Kamis (12/5), ISIS juga menyerang pasukan militer Yaman di luar Mukalla. Sebanyak 15 tentara tewas saat sebuah kendaraan meledak di pangkalan militer Distrik Khalf. ISIS juga menyerang rumah Komandan Wilayah Militer Kedua Hadramawt Jenderal Faraj Salmeen. Untungnya, dia berhasil selamat tanpa terluka. (afp/reuters/bbc/sha/c14/any/adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News