Oalah! Pak Kades di Daerah Ini 5 Bulan Belum Terima Gaji

Oalah! Pak Kades di Daerah Ini 5 Bulan Belum Terima Gaji
Ilustrasi dokumen jpnn

jpnn.com - CURUP – Keterlambatan pembayaran gaji kepala desa (Kades) di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada tahun lalu kembali terulang tahun ini.

Hal ini terungkap karena terhitung sejak Januari hingga Mei ini, Kades yang masih berstatus Kades definitif, belum menerima gaji.

“Iya memang hingga Mei ini kita belum menerima gaji, padahal sudah berulang kali kita ajukan,” ungkap Kades Blitar Seberang, Jauhari seperti dikutip dari Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group).

Menurut Jauhari ia tidak mengetahui pasti penyebabnya, karena menurutnya Jauhari segala persyaratan untuk pembayaran gaji Kades bersama anggaran dana desa lainnya sudah dipenuhi. Dimana menurut Jauhari yang menjadi kendala pertama adalah terkait dengan peraturan bupati mengenai anggaran dana desa. 

Setelah Perbup selesai, mereka dihadapkan pada masalah Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Mengetahui terganjal dengan APBDes, kemudian ia bersama Kades lainnya langsung membuat APBDes, dan APBDes sendiri sudah selesai mereka ajukan sekitar bulan Maret lalu.

“APBDes ini sudah selesai kita ajukan sejak Maret lalu bersamaan dengan Musrenbang di tingkat desa,” jelas Jauhari.

Namun menurut Jauhari, ia berharap segera gajian, mengingat belum lama ini pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Rejang Lebong telah meminta para Kades untuk mengajukan untuk pembayaran gaji kepala desa.

“Kita harap segera dibayarkan, karena sejumlah aparatur desa seperti Kadus sudah banyak mempertanyakan kepada kami,” akunya.
Bila melihat dari tahun 2015 lalu, menurut Jauhari baru dilakukan pembayaran pada Bulan Juni. Namun untuk tahun 2016 ini, ia berharap agar pembayaran bisa segera dilakukan.

CURUP – Keterlambatan pembayaran gaji kepala desa (Kades) di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada tahun lalu kembali terulang tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News