Tingkatkan Metabolisme, Yuk Konsumsi Makanan Ini

Tingkatkan Metabolisme, Yuk Konsumsi Makanan Ini
Ilustrasi. Foto: meetdoctor.com

Beberapa makanan tertentu memiliki efek termogenik yang sangat tinggi sehingga kalori yang masuk akan langsung mengalami proses metabolisme secara sempurna. Ada juga makanan yang mengandung nutrisi dan senyawa yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh, seperti dilansir laman India Times:

1. Lentil

Yang Anda butuhkan adalah secangkir lentil untuk pinggang yang sempurna. Kekurangan zat besi ini jelas tidak baik untuk metabolisme Anda. Pasalnya tubuh menjadi kurang efisien dalam membakar kalori.

2. Susu

Menurut banyak penelitian, konsumsi kalsium yang cukup membantu tubuh untuk membakar lemak lebih efisien.

3. Kopi

Kopi moderasi bisa meningkatkan tingkat metabolisme. Kafein membantu Anda merasa kurang lelah dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat berolahraga.

4. Green tea

Minum teh olong atau teh hijau bisa meningkatkan metabolisme selama beberapa jam. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum 2-3 cangkir teh hijau bisa mendorong tubuh membakar tujuh belas persen lebih banyak kalori. Terutama jika Anda melakukan olahraga yang cukup intens dalam waktu singkat.

5. Gandum murni

Tubuh perlu bekerja sangat keras untuk memecah biji-bijian olahan. Biji-bijian memaksa tubuh untuk membakar lemak ekstra. Dianjurkan untuk mengonsumsi beras merah karena mereka kaya serat bersama dengan gandum.

6. Daging tanpa lemak

Mengonsumsi 3-4 porsi daging tanpa lemak setiap hari dianjurkan.

7. Air

Tubuh Anda membutuhkan air untuk membakar kalori. Jika Anda sedikit dehidrasi, metabolisme Anda bisa menjadi lambat. Dalam satu penelitian, orang dewasa yang minum delapan atau lebih gelas air sehari membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang minum empat gelas sehari.

8. Cabai

Cabe memiliki zat kimia alami yang bisa meningkatkan metabolisme Anda.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News