Ini Alasan Unpad Anugerahkan Gelar DHC untuk Bu Mega

Ini Alasan Unpad Anugerahkan Gelar DHC untuk Bu Mega
Megawati Soekarnoputri. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com - BANDUNG - Penganugerahan gelar doctor honoris causa (Dr.H.C) dari Universitas Padjadjaran untuk Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, cukup menimbulkan perdebatan dan gunjingan. Terutama di kalangan netizen. Mega didaulat menerima gelar doktor kehormatan di bidang politik dan pemerintahan

Ketua tim promotor penganugerahan gelar ini, Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si menjelaskan,  Unpad memberikan gelar ini tidak sembarangan. Ada alasan yang melatarbelakanginya.

"Kami mengamati Megawati dari perilaku hingga mimpinya. Dari mulai bangun pagi hingga tidur lagi. Tidak gampang," kata Obsatar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (25/5) pagi.

Unpad melihat sosok Megawati dari tiga masa. Yaitu sebelum, saat dan sesudah menjadi presiden.

"Pemikiran Megawati, baik pidato, kebijakan, tulisan beliau sudah kami kaji secara mendalam. Dan Megawati juga sosok yang unik, pernah jadi wakil presiden, presiden dan menentukan siapa yang menjadi presiden," beber Obsatar menggambarkan sosok Mega, yang pernah kuliah di Fakultas Pertanian Unpad (1965-1967) itu.

"Satu lagi, biasanya anak presiden itu hidup senang, tapi Megawati? Dia lebih senang tertawa dan menangis bersama masyarakat," tutur Obsatar.

Acara ini dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Tampak juga, sejumlah menteri seperti Puan Maharani, Rizal Ramli, Tjahjo Kumolo, Pramono Anung, Yasonna Laoly, Susi Pudjiastuti, Yuddy Chrisnandi, Arief Yahya dan Amran Sulaiman. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sutiyoso dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga hadir. (adk/jpnn)

 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News