Kinerja Menteri Amran Bikin DPR Kecewa

Kinerja Menteri Amran Bikin DPR Kecewa
Bawang merah. Foto: dok Sumut Pos

jpnn.com - JAKARTA - Kinerja Menteri Pertanian Amran Sulaiman jelang bulan ramadan kali ini membuat Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron, kecewa. Ini terkait kenaikan harga bawang merah di pasaran jelang bulan puasa.

Menurut Herman, bawang merah termasuk komoditas pokok yang tidak berdaya tahan lama. Untuk mengatasi kelangkaan, maka tugas Kementan seharusnya meningkatkan produksi dan mengatur pengelolaan pascapanen.

"Itu pekerjaan rumah Kementerian Pertanian," katanya saat dikonfirmasi pada Minggu (29/5).

Di sisi lain, pihaknya menyesalkan ketidaksinkronan data di antara pembantu presiden soal produksi bawang merah dalam negeri, sehingga pemerintah berencana melakukan impor.

Sebelummya, Menko Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan langkah impor bawang merah 2.500 ton, dilakukan untuk menurunkan harga saat ramadan dan Idul Fitri nanti.

Apalagi Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan harapan supaya harga bawang merah bisa turun ke angka Rp 20.000/kg saat puasa, dari harga saat ini Rp 40.000/kg.

Namun, rencana itu tidak didukung Amran. Dia justru mengklaim data yang dimilikinya menunjukkan bahwa saat ini produksi bawang merah surplus. Ketidaksinkronan ini menurut Herman, seharusnya tidak terjadi.

Kebijakan impor, lanjut Herman, bisa saja dilakukan dalam kondisi tertentu asalkan tidak merugikan petani lokal. "Impor jangan sampai menekan keuntungan para petani," tambah politikus asal Cirebon itu.(fat/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News