Pemerintah Targetkan Rekrut 2 Ribu Dokter

Pemerintah Targetkan Rekrut 2 Ribu Dokter
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA- Pemerintah akan mer‎ekrut sekitar dua ribu dokter tahun ini. Pasalnya, jumlah dokter di tanah air baru seribu dan sangat kurang. Alhasil satu dokter bisa menangani lebih dari 20 pasien.

"Tenaga kesehatan di Indonesia terutama dokter sangat kurang. Mestinya setiap pasien itu bisa mendapatkan layanan maksimal dari dokter, tapi karena jumlahnya kurang akhirnya waktu konsultasi paling lama lima menit," ujar Kabid Standarisasi Jabatan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Aba Subagio di Jakarta, Selasa (31/5).

Dia menyebutkan, tenaga dokter di wilayah 3T juga sangat kurang. Banyak dokter yang memilih mengabdi di wilayah perkotaan lantaran‎ fasilitasnya minim. Untuk itu pemerintah berupaya menggandeng Pemda agar memberikan insentif khusus bagi para dokter.

"Pusat hanya bisa membantu lewat peraturan, di mana setiap dokter CPNS harus mengabdi di seluruh wilayah Indonesia. Untuk membuat dokter tertarik dan mau ditempatkan di wilayahnya, jadi tanggung. Jawab pemda. Kepala daerah harus memberikan dokter insentif tambahan," terangnya. (esy/jpnn)

 

 

 

JAKARTA- Pemerintah akan mer‎ekrut sekitar dua ribu dokter tahun ini. Pasalnya, jumlah dokter di tanah air baru seribu dan sangat kurang. Alhasil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News