Ahok: Yang Sweeping Pasti Ditangkap Semua

Ahok: Yang Sweeping Pasti Ditangkap Semua
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali menegaskan melarang organisasi kemasyarakatan (ormas) melakukan razia saat Ramadan di Ibu Kota. Jika ormas nekat melakukan razia, dia mengancam bersama aparat terkait tak segan-segan melakukan tindakan tegas.

”Nggak ada itu (sweeping), Kapolda sudah jamin, kalau mereka razia akan ditahan dan ditangkap semua,” tegas gubernur yang akrab disapa Ahok itu, kemarin (2/6) tersebut. Dia juga menegaskan, razia adalah tugas polisi dan petugas yang terkait. 

Peringatan senada juga diungkapkan Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi. Dia mengimbau ormas tidak melakukan sweeping terhadap tempat hiburan maupun restoran dan warung makan yang beroperasi saat Ramadan. Dia meminta bila ada temuan pelanggaran segera laporkan.  

”Saya berharap tidak ada ormas yang melakukan itu (sweeping),” terang Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi usai menghadiri pemusnahan minuman keras (miras) yang digelar di halaman Markas Polres (Mapolres) Metro Jakarta Selatan, Kamis (2/6). 

Tri menegaskan, kalau pihaknya sudah mengimbau semua pengelola tempat hiburan dan tempat makan di wilayah Jakarta Selatan untuk menghormati umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa. ”Kami akan mengawasi. Kalau ada yang membandel akan kami tindak. Serahkan saja pada kami,” tegasnya juga.  

Dia juga mengatakan, bila aksi sweeping dilakukan oleh ormas maka akan timbul tindakan hukum lain. Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan melarang semua tempat SPA dan panti pijat beroperasi selama Ramadan. 

Untuk tempat hiburan seperti diskotek, kelab malam, pub dan karaoke tetap boleh beroperasi mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB. Meski begitu, untuk hari pertama dan kedua Ramadan, semua tempat hiburan malam itu wajib ditutup secara total. 

Sedangkan tempat makan, mulai dari restoran, warung makan, foodcourt tetap diperbolehkan membuka usahanya selama Ramadan, namun diminta untuk menutup tempat usahanya dengan menggunakan gorden agar tidak terlihat dari luar.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali menegaskan melarang organisasi kemasyarakatan (ormas) melakukan razia saat Ramadan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News