Unggas Dari Daerah Lain Dilarang Masuk!

Unggas Dari Daerah Lain Dilarang Masuk!
Ilustrasi. Foto: Radar Madura

jpnn.com - PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan, pihaknya memperketat masuknya unggas dari provinsi lain. Sebab, saat ini Kalbar sudah bersih dari penyakit akibat unggas.

“Kalbar sudah steril (bebas flu burung). Jika ada yang masuk (tak sesuai aturan), harus disanksi sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Cornelis di Rumah Radakng, Rabu (1/6).

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar Abdul Manaf Mustafa. Menurut Manaf, saat ini Kalbar sudah memiliki Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan di Kalbar.

“Tidak diizinkan ayam siap potong masuk,” ungkap Manaf dalam pesan singkatnya, Kamis (2/6) kemarin.

Manaf menuturkan, larangan ini sebagai upaya mencegah masuknya penyakit flu burung. Jika ada pihak-pihak yang memasukkan DOC, harus melalui persyaratan teknis yang ditetapkan.

Saat ini, lanjut Manaf, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar terus memperketat pengawasan masuknya unggas dari provinsi maupun negara lain. (uni/gus/jpnn)


PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan, pihaknya memperketat masuknya unggas dari provinsi lain. Sebab, saat ini Kalbar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News