Jelang Mudik Lebaran 2016, Pemeriksaan Armada Dilakukan Menyeluruh

Jelang Mudik Lebaran 2016, Pemeriksaan Armada Dilakukan Menyeluruh
Ilustrasi. Foto Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pemeriksaan (ramp check) sarana transportasi umum di seluruh moda. Seperti bus, kereta api, kapal laut dan pesawat secara menyeluruh jelang mudik Lebaran 2016.

"Yang dilakukan dalam pemeriksaan tersebut adalah mencatat setiap pemeriksan yang dilakukan dan memberikan catatan perbaikan terhadap operator angkutan umum untuk ditindaklanjuti segera," ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Hemi Pamuraharjo di Jakarta, Senin (6/6).

Seluruh armada akan dilakukan pemeriksaan mulai 6 Juni sampai dengan 24 Juni 2016. Namun khusus moda laut, pemeriksaan harus sudah selesai dilakukan sebelum 18 Juni 2016, karena operasi Lebaran Angkutan Laut sudah dimulai pada H-18 atau pada 18 Juni 2016.

"Pemeriksaan dilakukan hingga 24 Juni 2016, agar jika ada catatan sewaktu pemeriksaan masih ada waktu untuk dilakukan perbaikan. Jika tidak selesai dilakukan perbaikan sebelum masa mudik berlangsung, maka armadanya dilarang beroperasi," tegas Hemi.

Beberapa lokasi yang akan dilakukan ramp check  yaitu, di terminal-terminal tipe A seperti Terminal Kampung Rambutan, Kalideres. Serta Stasiun KA seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir.

Di pelabuhan akan dilakukan di pelabuhan Tanjung Priok dan bandara seperti di Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma.

"Pemeriksaan ini dilakukan demi penyelengaraan Angkutan Lebaran yang zero accident, sesuai dengan salah satu fokus kerja Kemenhub yaitu untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi," kata Hemi.

Dengan dilakukannya ramp check secara menyeluruh, diharapkan kondisi sarana transportasi benar-benar dalam kondisi laik jalan dan siap melayani para pemudik dengan selamat dan aman. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pemeriksaan (ramp check) sarana transportasi umum di seluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News