Kontingen Garuda Fasilitasi Ibadah Ramadan Pasukan PBB di Lebanon

Kontingen Garuda Fasilitasi Ibadah Ramadan Pasukan PBB di Lebanon
Suasana salat tarawih di markas Kontingen Garuda, Soedirman Camp, Lebanon. Foto: puspen tni for Indopos

jpnn.com - LEBANON- Menjalani tugas sebagai pasukan perdamaian, Kontingen Garuda yang berada di Lebanon tetap melaksanakan ibadah Ramadan. Pasukan yang tergabung dalam United Nations Interim Force in Lebanon (Unifil) ini rutin menggelar salat tarawih berjamaah setiap hari di Masjid Soedirman Camp, Naqoura, Lebanon Selatan. 

Dalam rilisnya yang dikirim kepada Indopos, Selasa (14/6), Komandan Kontingen Garuda Unifil Kolonel Kav Jala Argananto mengatakan, salat tarawih yang dilaksanakan di Soedirman Camp tidak hanya dihadiri oleh prajurit TNI saja. Personel dari negara-negara lain yang beragama muslim seperti Austria, Bangladesh, Ghana, India, Jerman, Tanzania, Malaysia, Nepal, Prancis dan Srilanka, juga ikut ibadah bersama di sana. 

“Seperti diketahui Ramadan adalah bulan penuh hikmah yang sangat dirindukan umat Islam. Seluruh umat islam di dunia mengisi bulan Ramadan ini dengan penuh kekhusyukan dalam menjalankan ibadah,” terang Jala Argananto. 

Sementara itu, Muhammad Nadib dari Kontingen Srilanka mengatakan, Ramadan tahun ini sangat berarti, karena merupakan satu-satunya muslim dari Kontingen Srilanka. Walaupun di compound tidak memiliki masjid untuk beribadah pada bulan Ramadan. ”Saya bisa bergabung dengan teman-teman dari Indonesia di Masjid Soedirman Camp ini. Khususnya untuk Kontingen Indonesia saya secara pribadi mengucapkan banyak terima kasih, karena dapat memfasilitasi ibadah Ramadan ini mulai dari buka puasa sampai dengan rangkaian ibadah Tarawih setiap harinya,” katanya.

Sedangkan, Nehmed Arif dari kontingen Jerman mengapresiasi langkah yang dilakukan Kontingen Garuda Unifil dengan menyediakan fasilitas beribadah. ”Alhamdulillah saya dapat melaksanakan ibadah Ramadan untuk yang kedua kalinya bersama Kontingen Garuda dari Indonesia. Yang pertama tahun 2014 dan sekarang. Sangat spesial, karena saya dapat berkumpul lagi dengan saudara-saudara muslim dari Indonesia,” bebernya.

Kegiatan ibadah tarawih diakhiri dengan pelaksanaan Tadarus Alquran yang dilaksanakan secara bergantian hingga larut malam menjelang waktu makan sahur. (yay/dil/jpnn)


LEBANON- Menjalani tugas sebagai pasukan perdamaian, Kontingen Garuda yang berada di Lebanon tetap melaksanakan ibadah Ramadan. Pasukan yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News