MENCEKAM! Begini Kronologi Serangan Bom Bunuh Diri di Bandara Istanbul

MENCEKAM! Begini Kronologi Serangan Bom Bunuh Diri di Bandara Istanbul
Bandara Internasional Ataturk di Istanbul, Turki beberapa saat setelah diguncang teror bom, Selasa (28/6) malam. Foto: REUTERS

jpnn.com - ISTANBUL - Teror kembali mengguncang kota terbesar di Turki, Istanbul, Selasa (28/6) malam. Aksi teror yang menyasar Bandara Internasional Ataturk Istanbul itu menewaskan sedikitnya 50 orang.

Teror bermula ketika tiga pelaku bom bunuh diri menyeruak ke bandara yang sedang sibuk, sembari mengumbar tembakan dari AK-47. Tembakan teroris menyasar petugas keamanan bandara.

Selanjutnya, tiga pelaku meledakkan diri mereka dengan bom. Menurut saksi mata, seorang polisi sempat bergulat dengan salah satu bomber bunuh diri hanya beberapa saat sebelum ledakan di pintu masuk terminal kedatangan.

Ketiga pelaku diduga akan menerobos mesin x-ray di pintu masuk terminal bandara tersibuk nomor tiga di Eropa itu. Karena dicegat petugas keamanan, pelaku lantas menyerang.

Menteri Kehakiman Turki Bekit Bzdag mengatakan, serangan terjadi antara pukul 21.50  waktu setempat. Menurutnya, ada tiga bomber bunuh diri  dalam teror itu.

“Teroris di pintu masuk terminal internasional menembak dengan sebuah Kalashnikov dan mereka meledakkan diri mereka sendiri,” katanya saat berbicara di ibu kota Turki, Ankara.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas teror itu. Namun, kelompok militan Negara Islam Irak Suriah (ISIS) diyakini berada di balik teror tersebut.

Sebagian besar korban merupakan warga Turki. Beberapa korban luka termasuk polisi yang terlibat perkelahian dengan teroris.Namun, pihak berwenang di Turki juga mengatakan, ada warga asing di antara korban bom bunuh diri itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News