Berangkatkan Peserta Mudik Gratis, Jonan: Masih Tersisa...

Berangkatkan Peserta Mudik Gratis, Jonan: Masih Tersisa...
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melepas keberangkatan 187 peserta mudik gratis pengguna sepeda motor dengan kereta api, Rabu (29/6) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Peserta mudik gratis pengguna sepeda motor ini diberangkatkan dengan menggunakan KA Brantas dengan tujuan Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Madiun, Kertosono, dan Kediri. Selain dengan KA Brantas, peserta mudik gratis ini juga dilayani dengan KA Kertajaya, KA Bengawan, dan KA Kutojaya Utara.

“Secara keseluruhan, tahun ini Kementerian Perhubungan mengangkut 27 ribu motor, terdiri dari 15 ribu menggunakan kereta api dan 12 ribu menggunakan truk dan penumpangnya naik bus,” ujar Jonan setelah melepas keberangkatan peserta mudik gratis.

Meski begitu, Jonan menyayangkan bahwa kuota sepeda motor yang telah disediakan oleh pemerintah masih tersisa sekitar 15 persen. Dia menjelaskan, kuota sepeda motor yang diangkut tahun ini naik 170 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, sepeda motor yang diangkut pada program mudik gratis pengguna sepeda motor adalah sebanyak 10 ribu motor," ucap Jonan.

Namun, mantan dirut KAI ini meyakini, jumlah sepeda motor itu masih akan bertambah karena pendaftaran program mudik gratis dengan kereta api masih dibuka hingga 16 Juli 2016 atau mencapai kuota 15.834 sepeda motor.

"Masyarakat masih bisa mendaftarkan sepeda motornya untuk diberangkatkan secara gratis dengan syarat menunjukkan tiket keberangkatan yang telah dimiliki, bisa berupa tiket kereta maupun bus," tandas Jonan. (chi/jpnn)

 


JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melepas keberangkatan 187 peserta mudik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News