Gagasan Pak JK Ini Bikin Senang

Gagasan Pak JK Ini Bikin Senang
MACET: Memasuki H-5 lebaran, Pintu keluar Tol Palimanan Kabupaten Cirebon mengalami kemacetan, Jumat (1/7). Foto: Ilmi Yanfa Unnas/Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi lebih lengang dibanding tahun-tahun sebelumnya.  Pemicunya libur panjang Lebaran selama sembilan hari. 

Pemudik punya waktu lebih lama menempuh perjalanan pulang ke kampung halaman masing-masing.

Libur lebaran 1 Syawal 1437 H sebenarnya pada Rabu-Kamis, 6-7 Juli saja. Tapi ada cuti bersama pada Senin dan Selasa serta Jumat. Plus libur tambahan akhir pekan, Sabtu dan Minggu. 

Mulai kemarin (1/7), pemudik sudah terlihat mulai menapaki jalur utama mudik. Mobil mulai mengarah ke luar kota melalui gerbang Tol Cikarang Utama. Pantauan lapangan, meski geliat mudik meningkat namun arus lalu lintas masih lancar. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan bahwa pemerintah ingin memecahkan persoalan yang selama ini kerap terjadi selama mudik Lebaran. Yakni, kemacetan dan kecelakaan di jalan harus diminimalkan.

Salah satu caranya dengan menambah libur Lebaran. Sehingga, masyarakat punya waktu lebih panjang untuk mudik dan balik dari kampung. 

”Sekarang 9 hari karena ada sabtu minggu. Itu kan luar biasa sehingga tidak bertumpuk. Dulu orang bertumpuk,” ujar JK di kantor Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka Utara, kemarin (1/7).

Dia menuturkan dari tahun ke tahun persoalan yang muncul selama mudik Lebaran itu berbeda-beda. Dulu, soal transportasi umum seperti kereta api dan bus yang disesaki oleh pemudik. Kini kondisinya memang jauh lebih baik. Naik kereta api hanya mereka yang telah memiliki tiket. 

JAKARTA – Arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi lebih lengang dibanding tahun-tahun sebelumnya.  Pemicunya libur panjang Lebaran selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News