Terungkap! Rumah Makan Ini Diam-Diam Jual Mi Mengandung Babi

Terungkap! Rumah Makan Ini Diam-Diam Jual Mi Mengandung Babi
Petugas memasang pengumuman mi ayam mengandung babi. Foto: dok radar metro/ radarlampung.co.id/jpg

jpnn.com - LAMPUNG - Tim Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (Kesmavet Distannakhut) Pemkot Lampung, menemukan lagi rumah makan mi ayam yang mengandung babi.

Hal ini diketahui berdasarkan uji laboratorium Kesmavet Distannakhut Kota Metro dan Balai Veteriner Provinsi Lampung. “Dari 10 pemilik rumah makan mi ayam, hasilnya satu positif. Yakni mi ayam Akap, Lim Kim Seng,” papar Kepala Distannakhut Metro Yeri Echwan, Jumat (1/7).

Menurut Yeri, sebenarnya tidak masalah menjual mi ayam yang mengandung babi. Namun, pemilik harus transparan dan memasang pengumuman. Sebagaimana rumah makan (RM) mi ayam Mawar. 

“Mi Mawar positif (mengandung babi), tapi mereka memasang pengumuman yang kita berikan. Kalau mi ayam Kana’an negatif, sudah kita periksa ulang,” tukas Yeri seperti dikutip dari radarlampung.co.id (Jawa Pos Group).

Sementara itu, pemilik mi Akap, Lim Kim Seng berdalih pihaknya selalu menyajikan mi dengan bahan baku ayam. Tetapi karena ada beberapa permintaan dari pelanggan, dia juga menyajikan mi babi. 

“Tapi selanjutnya, kita akan fokus mi ayam saja,” janji pengusaha yang menggelar dagangan di dekat Lapangan Samber, Metro itu.

Terpisah, Sekretaris MUI Kota Metro Nasriyanto Effendi berjanji terus melakukan pembinaan serta pengawasan kepada pelaku usaha. Sebab, masih banyak pelaku usaha yang tidak memasang pengumuman produknya mengandung babi. Padahal, pelangannya ada yang muslim.

“Dari hasil kita turun ke lapangan, memang masih ada para pedagang yang memakai daging maupun minyak babi. Mereka ini harus pasang pengumuman agar umat muslim tidak salah mengonsumsi makanan yang diharamkan,” kata Nasriyanto.

LAMPUNG - Tim Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (Kesmavet Distannakhut) Pemkot Lampung, menemukan lagi rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News