Mitos Tentang Masalah Kesehatan Gigi

Mitos Tentang Masalah Kesehatan Gigi
ILUSTRASI. FOTO: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh kita. Sayangnya sebagian besar masyarakat belum menganggap pentingnya untuk memeriksakan gigi mereka.

Biasanya dipicu oleh rasa takut atau finansial (berobat ke dokter gigi biasanya mahal). Hal ini diperparah dengan adanya mitos-mitos yang beredar di masyarakat yang sayangnya tidak benar.

Apa saja mitos itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Sikat yang keras merupakan yang terbaik

"Banyak kesalahan umum dalam hal menyikat gigi. Sebenarnya bisa dihindari dengan memilih sikat gigi yang tepat," kata pemilik kosmetik gigi studios, Dr. Victoria Veytsman, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (10/7).

Orang-orang cenderung untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang keras berpikir bahwa hal itu akan menghilangkan plak yang lebih baik dan bisa melindungi enamel. Bulu lembut adalah pilihan yang lebih baik. Orang-orang cenderung menyikat terlalu keras dan ini bisa menyebabkan kerusakan pada gusi dan enamel.

Pilihan yang sangat baik adalah sikat gigi elektrik seperti Sonicare karena sikat gigi listrik bisa menghilangkan setidaknya 5 persen plak dengan sedikit usaha. Ini juga akan membuat Anda menyikat lagi (minimal 2 menit). Semua ini akan mengurangi plak dan bakteri dan melindungi terhadap rongga dan gingivitis.

2. Flossing adalah sederhana

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh kita. Sayangnya sebagian besar masyarakat belum menganggap pentingnya untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News