Hasil Jokowi Memuaskan, Bisa Terpilih Lagi?

Hasil Jokowi Memuaskan, Bisa Terpilih Lagi?
Presiden Joko Widodo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kinerja memuaskan dan elektabilitas yang tinggi membuat Joko Widodo susah dibendung untuk terpilih lagi sebagai  orang nomor satu di Indonesia pada pemilihan presiden 2019 mendatang.

Tingkat kepuasan kinerja Presiden Jokowi saat ini mencapai 67 persen. Sebanyak 72 persen rakyat yakin Jokowi bisa memimpin Indonesia.

Direktur Program Saiful Mujani Research and Consulting Sirojuddin Abbas mengatakan, hasil survei SMRC menunjukan tingkat dukungan terhadap Jokowi semakin menguat sebagaimana terlihat dari elektabilitasnya.

“Ada indikasi kuat  bahwa penguatan ini memiliki hubungan signifikan dengan  tingginya kepuasan publik atas kinerja Jokowi,” kata Abbas dalam paparan hasil survei “Kinerja Pemerintahan, Dua Tahun Pilpres”, di Jakarta, Minggu (24/7).

Kondisi ini membuat Jokowi diyakini mampu memenangkan Pilpres 2019. Hal itu dengan catatan, jika kondisi kepuasan ini berlangsung hingga hari menjelang Pilpres 2019.

 “Jika sebagian besar publik puas dengan kinerja Jokowi hingga menjelang hari pemilihan presiden 2019, maka Jokowi susah dibendung untuk kembali menjadi presiden periode kedua,” kata Abbas.

Hasil survei SMRC ketika responden diminta menyebut nama tanpa membaca  daftar kandidat menunjukkan jika Pilpres digelar saat ini maka 32,4 persen publik akan memilih Jokowi. Menurut Abbas, ini  merupakan peningkatan signifikan dari Desember 2015 yang angkanya saat itu baru mencapai 11,8 persen.

Sedangkan tokoh lain yang berada di bawah Jokowi ialah Prabowo Subianto. Ketua Umum  Partai Gerindra itu hanya memeroleh 9,4 persen. Menurut Abbas,  angka ini merupakan penurunan. Sebab, pada Desember 2015, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat itu meraih 11,8 persen.

JAKARTA – Kinerja memuaskan dan elektabilitas yang tinggi membuat Joko Widodo susah dibendung untuk terpilih lagi sebagai  orang nomor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News