Gawat! Kartu BPJS Palsu Beredar di Bandung Barat

Gawat! Kartu BPJS Palsu Beredar di Bandung Barat
Kartu BPJS Kesehatan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - PADALARANG - Kartu BPJS Kesehatan palsu alias bodong beredar di wilayah Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pemiliknya tidak bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis lantaran tidak terdaftar sebagai peserta BPJS.

Hal itu diketahui setelah Budiyanto (36), warga RT 03 RW 08 Kampung Simpang Desa Kertajaya, ditolak saat hendak berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi, menggunakan kartu BPJS. Padahal, kartu BPJS kelas 3 milik warganya itu baru dibuat secara kolektif bersama warga desa lainnya.

"Untuk buat kartu BPJS itu warga bayar Rp 100 ribu per orang. Sekali bayar kartu itu berlaku selama dua tahun. Tapi saat mau digunakan oleh Pak Budiyanto yang terkena penyakit meningitis, ternyata kartu BPJS itu tidak bisa digunakan karena Pak Budiyanto tidak terdaftar sebagai peserta BPJS," kata Ketua RT 03 Ade kepada Radar Bandung (grup JPNN).

Menurut Ade, pembuatan kartu BPJS secara kolektif itu merupakan program subsidi dari Dompet Duafha bagi warga tidak mampu. Sementara yang mengurus pembuatannya adalah relawan kesehatan Desa Kertajaya berinisial BN, sekitar 8 bulan yang lalu.

Ade mengaku khawatir ada lebih banyak lagi warganya yang mendapat kartu BPJS palsu. Pasalnya, masing-masing RW mendaftarkan 8 sampai 10 warganya melalui program subsidi tersebut.

"Uang pendaftaranya dulu di kumpulkan di bendahara desa. Setiap RW rata-rata mendaftarkan 10 orang. Semuanya ada 23 RW di Desa Kertajaya. Artinya di ada 230 orang warga Desa Kertajaya yang kemungkinan mendapatkan kartu BPJS palsu," ujarnya.

Saat dikonfirmasi mengenai temuan ini, Kepala Kantor Cabang BPJS Cimahi Yudha Indrajaya mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait beredarnya kartu palsu di wilayah Padalarang. Menurutnya, petugas akan mendatangi langsung ke warga masyarakat dan ke kantor Desa Kertajaya.

"Sebulan yang lalu, kami juga menerima beberapa laporan bahwa ada kartu peserta BPJS yang tidak aktif saat digunakan digunakan berobat. Dan saat ini kami juga menyelidiki dari mana asalnya kartu itu," kata Yudha saat ditemui di kantorny, di Jalan Sangkuriang Kota Cimahi.

PADALARANG - Kartu BPJS Kesehatan palsu alias bodong beredar di wilayah Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pemiliknya tidak bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News