Bobot Bocah Tergemuk Hanya Turun 1 Kg

Bobot Bocah Tergemuk Hanya Turun 1 Kg
Bocah tergemuk Arya Permana. Foto: dok.JPG

KARAWANG--Berat badan Arya Permana (10) bocah tergemuk ternyata ternyata tidak berubah. Bobot tubuh bocah asal Karawang, Jawa Barat, tersebut masih berada di angka 188 kilogram setelah sembilan hari di rawat di rumah sakit.

Angka itu sama ketika Arya pulang pada Sabtu (14/7). Bobot Arya sendiri diketahui saat dia mendatangi RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk menjalani rawat jalan. Pemeriksaan tersebut tak memakan waktu lama. Hanya sekitar dua jam mulai pukul 13.00 hingga 15.00.

Ketua Tim Dokter Penanganan Kasus Arya Permana dr Julistio TB Djasmine berjanji, dirinya lebih intensif memantau kondisi perawatan Arya di rumah. Dia menyatakan, kondisi bocah pengidap obesitas ekstrem itu relatif stabil.A

Saat kali pertama datang ke RSHS, berat Arya mencapai 189 kilogram. Setelah pulang (kondisi terakhir), beratnya menjadi 188 kilogram.

"Angka tersebut ternyata belum berubah," ungkapnya.

Meski demikian, Julistio mengaku gembira dengan aktivitas yang dilakukan Arya. Misalnya, latihan berjalan yang masih terus dilakukan. Dari aktivitas tersebut, Arya akan banyak mengeluarkan energi dan berdampak pada penurunan berat badan. Selain melakukan latihan, pasiennya juga mengikuti program diet asupan.

Menurut Julistio, saat ini Arya lebih mematuhi program diet tersebut. Untuk kemampuan berjalan Arya, tim dokter mendapatkan hasil yang signifikan.

Arya diketahui mampu berjalan menempuh jarak 400-500 meter. Padahal, dulu hanya mampu berjalan 50 meter. Dalam rawat jalan pertamanya, tim dokter memberikan beberapa catatan yang harus dipatuhi.

"Sekarang ini kami memberikan edukasi dan konseling. Kami akan mengingatkan kembali apa yang harus dilakukan Arya selama di rumah," ujarnya.

Secara teknis, pihak RSHS mengambil beberapa sampel darah, profil lemak, gula darah, dan beberapa hal lain dari Arya. Itu dilakukan untuk mendapatkan gambaran keseluruhan dari sisi medis. Mengenai kepastian penyebab penyakit obesitas ekstrem yang diderita Arya, Julistio menambahkan, kondisi itu terjadi karena gangguan perilaku. (nit/rie/JPG/c5/diq/flo/jpnn)

 


KARAWANG--Berat badan Arya Permana (10) bocah tergemuk ternyata ternyata tidak berubah. Bobot tubuh bocah asal Karawang, Jawa Barat, tersebut masih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News