Antisipasi Abu Gunung Gamalama, 10 Ribu Masker Dibagikan

Antisipasi Abu Gunung Gamalama, 10 Ribu Masker Dibagikan
Gunung Gamalama saat mengeluarkan erupsi. Foto: dok/Malut Post-JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara sedikitnya telah membagikan sepuluh ribu lembar masker kepada masyarakat. Itu dilakukan pasca-erupsi Gunung Gamalama, Rabu (3/8) pagi.

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, pembagian masker itu untuk mencegah warga mengalami gangguan pernafasan.

Karena hampir sebagian besar kelurahan di Kecamatan Ternate Utara dan Kecamatan Ternate Tengah tertutup abu vulkanik.

"Ada hujan yang turun pada siang hari abu vulkanik larut ke dalam aliran permukaan dan tidak beterbangan tertiup angin," ujar Sutopo, Rabu malam.

Selain itu sejumlah penanganan lain kata Sutopo juga masih terus dilakukan. Termasuk ‎membersihkan Bandara Babullah di Kota Ternate. Dilakukan dengan cara menyemprot landasan pacu hingga Rabu malam.

Petugas mengerahkan beberapa mobil tanki air.

"Jika tidak ada erupsi susulan yang lebih besar di Gunung Gamalama, kemungkinan pada Kamis (4/8) pagi Bandara Babullah sudah dibuka dan beroperasi kembali," tandas Sutopo. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara sedikitnya telah membagikan sepuluh ribu lembar masker


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News