Mondok di Pesantren: Sistem Daurah Menciptakan Siswa Unggul

Mondok di Pesantren: Sistem Daurah Menciptakan Siswa Unggul
Pendidikan, Mondok, Pesantren. Foto Radar Surabaya/JawaPos.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA - Tak hanya Ponpes Amanatul Ummah, nama pesantren-pesantren lainnya di Jawa Timur juga banyak yang menyalurkan santri-santrinya ke perguruan tinggi terkemuka. 

Seperti Pondok Moderen Gontor Ponorogo, Pondok Pesantren Sidogiri Kraton Pasuruan, Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, Al Khairot Malang dan lainnya. 

Pondok-pondok masa kini sudah mampu pula melahirkan pejabat-pejabat di negeri ini. Lukman Hakim Syaifudin, misalnya.

Menteri Agama tersebut lulusan Gontor. Pondok di Kota Reog itu juga melahirkan Din Syamsudin, Hasyim Muzadi, Idham Chalid, dan Hidayat Nurwahid. Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, maupun Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa, juga dibesarkan di lingkungan pesantren.

Pendidikan yang masuk ke tubuhnya, juga banyak disumbang dari lingkungan pesantren. Dengan banyaknya santri mondok yang sukses itulah, maka sudah tidak diragukan lagi kualitas pesantren Indonesia masa kini.

Tak heran, kini banyak orang tua yang lebih memilih memasukkan anaknya ke pesantren dibandingkan ke sekolah umum. 

Apalagi mulai tahun lalu, juga ada gerakan #Ayo Mondok yang diluncurkaan Nahdatul Ulama (NU). Ponpes pun kita banyak peminatnya.

Asep mengakui memang peminat untuk masuk pesantren begitu meningkat pada 10 tahun terakhir.

JPNN.com SURABAYA - Tak hanya Ponpes Amanatul Ummah, nama pesantren-pesantren lainnya di Jawa Timur juga banyak yang menyalurkan santri-santrinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News