Akom: Saya Pikir Negara Tidak Bijaksana Jika...

Akom: Saya Pikir Negara Tidak Bijaksana Jika...
Ade Komarudin. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR RI Ade Komarudin menilai kurang bijaksana negara ini kalau revisi peraturan pemerintah tentang remisi ditujukan terhadap koruptor, teroris dan narkoba. 

Kalau itu tetap dilakukan, Ade khawatir publik akan mempersepsi negara terlalu bersikap kooperatif terhadap tiga jenis pelaku kejahatan luar biasa tersebut.

"Kalau saya sih, kurang bijaksana rasanya kalau revisi PP Remisi ditujukan untuk koruptor, narapidana narkoba dan teroris. Kesannya, negara ini terlalu kooperatif pelaku tindakan pidana luar biasa itu," kata Ade, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (12/8).

Tapi kalau revisi remisi ditujukan untuk tindak pidana ringan, menurut Akom sapaan Ade Komarudin, bolehlah dipermudah remisinya.

"Seperti pencuri handphone, kemudian yang ngutil di swalayan-swalayan. Begitu-begitu tidak masalah diberi remisi. Tapi kalau yang tiga itu tadi, saya pikir tidak bijaksana," tegas politikus Partai Golkar itu.

Akom mengakui, kelebihan kapasitas di rutan dan lapas disebabkan karena narapida narkoba. "Saya sudah lihat di beberapa penjara memang over capacity, dan kebanyakan itu dari narkoba," ungkapnya.

Makanya kata Akom, pemberantasan narkoba bukan hanya sekedar mengejar-ngejar orang yang melakukan tindak pidana narkoba. "Tindakan preventifnya jauh lebih penting dilakukan," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua DPR RI Ade Komarudin menilai kurang bijaksana negara ini kalau revisi peraturan pemerintah tentang remisi ditujukan terhadap koruptor,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News