Terpacu Deregulasi dan Bunga Murah, Otomotif Bakal Bergairah

Terpacu Deregulasi dan Bunga Murah, Otomotif Bakal Bergairah
Ilustrasi Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Deregulasi pemerintah dan tren penurunan suku bunga meningkatkan kepercayaan diri para pelaku industri otomotif. Mereka yakin industri otomotif akan bergairah pada semester kedua.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berakhir Minggu kemarin (21/8) menjadi salah satu indikator utama. Ketua Penyelenggara GIIAS 2016 Rizwan Alamsjah menyatakan, gairah konsumen tampak meningkat dalam sepuluh hari penyelenggaraan GIIAS.

Salah seorang ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itu optimistis animo ekshibisi tersebut bisa merefleksikan situasi pasar.

’’Kalau dari sisi optimisme, kan naik ya. Ada beberapa sentimen dari pemerintah seperti bunga turun, deregulasi beberapa hal, dan tax amnesty. Semua tunjukkan sinyal positif,’’ katanya.     

Rizwan optimistis pasar otomotif nasional lebih baik lagi pada semester kedua 2016. Selama Januari–Juli tahun ini, penjualan mobil mencapai 594.514 unit atau tumbuh 2,3 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni 581.106 unit. Gaikindo menargetkan angka penjualan 1,050 juta unit sepanjang tahun ini. 

Di ajang GIIAS 2016, penjualan kendaraan mencapai 15.911 unit dengan nilai transaksi Rp 4,7 triliun hingga Sabtu (20/08).

’’Sebenarnya itu data hingga kemarin siang (Sabtu, Red) yang dicatat para peserta dan dilaporkan kepada kami,’’ ungkapnya kepada Jawa Pos kemarin (21/8).

Masih ada peluang tambahan jumlah dan nilai transaksi pada sisa waktu sore dan malam pada Sabtu (20/8) serta pada hari pamungkas, yaitu kemarin (21/08). ’’Besok (hari ini, Red) baru ada data yang sebenarnya. Nanti dilihat berapa akhirnya,’’ ucapnya.      

JAKARTA - Deregulasi pemerintah dan tren penurunan suku bunga meningkatkan kepercayaan diri para pelaku industri otomotif. Mereka yakin industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News