Kemenlu Sedang Siapkan Kartu Diaspora

Kemenlu Sedang Siapkan Kartu Diaspora
Retno Marsudi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya sedang menyiapkan pembuatan Kartu Diaspora, untuk memudahkan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri tetap memberikan kontribusi di tanah air.

"Berdasarkan PP No.26 Tahun 2016 (Tentang Keimigrasian), pemerintah memberi kemudahan dalam bentuk visa multiple selama 5 tahun. Kemenlu lagi proses pembuatan Kartu Diaspora Indonesia. Ada pejabat khusus di Kemenlu yaitu staf ahli bidang sosial budaya untuk mengurus ini," kata Retno di Komisi I DPR, Rabu (31/8).

Kartu ini diberikan sebagai solusi karena pemerintah masih mengkaji pemberlakuan dwikewarganegaraan, sebagaimana aspirasi diaspora yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo ketika melakukan kunjungan ke luar negeri. 

"Dalam setiap pejalanan Pak Presiden ke luar negeri, terdapat aspirasi yang kuat dari diaspora Indonesia agar pemerintah dapat memberlakukan dwikewarganegaraan. Karena isu ini penting. Kajian mendalam harus dilakukan," ujar Retno. (fat/jpnn)


JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya sedang menyiapkan pembuatan Kartu Diaspora, untuk memudahkan Warga Negara Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News