UU Tax Amnesty Dibawa ke MK, Sri Mulyani Siapkan Koordinasi

UU Tax Amnesty Dibawa ke MK, Sri Mulyani Siapkan Koordinasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak (tax amnesty) kini dalam proses uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satu pihak yang menggugat UU Tax Amnesty adalah praktisi hukum Sugeng Teguh Santoso dari Yayasan Satu Keadilan.

Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) mengaku tidak mempermasalahkan uji materi atas UU Tax Amnesty. Menurutnya, Kemenkeu akan berkoordinasi untuk mempertahankan ketentuan-ketentuan dalam UU Tax Amnesty yang sedang digugat karena dianggap melanggar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. .

"Nanti ditangani secara terkoordinasi aja ya mengenai masalah itu (gugatan UU Tax Amnesty) ," ujar Sri di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

Sebelumnya Sugeng menyatakan, UU Tax Amnesty bertentangan dengan konstitusi. Menurutnya, ada 11 pasal dalam UU Tax Amnesty yang digugat ke MK.  

Pasal-pasal yang dipersoalkan itu bertumpu pada pasal 1 ayat 1 UU Tax Amnesty. Dalam pasal itu disebutkan, pengampunan pajak diberikan tanpa ada sanksi administrasi dan pidana.

Sugeng menyebut ketentuan itu bertentangan dengan konstitusi, yakni Pasal 23 A UUD 1945 yang mendasari pajak dan pungutan lainnya. Selain itu, UU Tax Amnesty juga bertentangan dengan Pasal  28 D ayat 1 UUD 1945 tentang jaminan perlakuan yang sama di depan hukum.(cr2/JPG/ara/jpnn)


JAKARTA - Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak (tax amnesty) kini dalam proses uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK). Salah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News