Hebat! Lima Remaja Berprestasi Terima Anugerah Kebudayaan 2016

Hebat! Lima Remaja Berprestasi Terima Anugerah Kebudayaan 2016
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Sebanyak 54 putra-putri terbaik bangsa mendapatkan anugerah dan penghargaan maestro seni tradisi 2016.

Award yang setiap tahunnya diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini menurut Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid merupakan bentuk apresiasi dalam penguatan karakter bangsa.

"Tiap tahunnya ada maestro-maestro baru yang kita dapatkan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja pun diberikan kesempatan sama. Tahun ini kita punya lima anak dan remaja yang mendapatkan anugerah kebudayaan dan maestro seni tradisi 2016," papar Hilmar, Rabu (21/9).

Lima anak dan remaja yang menerima penghargaan adalah ‎Joey Alexander/Josiah Alexander Sila bidang pianis dan komposer muda yang karyanya sudah diakui secara internasional pada usia 11 tahun. Keduanya berasal dari DKI Jakarta.

Kemudian Muthia Fadhila Khairunnisa, remaja asal DKI Jakarta yang menghasilkan 14 buku fiksi anak dan 23 karya fiksi dalam bunga rampai pada usia 15 tahun.

Rafi Abdurrahman Ridwan asal Jawa Barat, perancang busana muda yang memanfaatkan kain tradisional dan karyanya diakui di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, Ratnanto Adhi Putra Wicaksono asal DI Yogyakarta, dalang m‎uda yang mampu mengaransemen gendhing-gendhing pertunjukan wayang, membuat wayang tatah sungging dan menguasai hampir semua perangkat gamelan.

Terakhir, Tusita Mettadevi Jayamangalani Suprapto asal Jawa Barat, pelukis dan pendongeng muda yang meraih prestasi tingkat nasional dan internasional.

JAKARTA--Sebanyak 54 putra-putri terbaik bangsa mendapatkan anugerah dan penghargaan maestro seni tradisi 2016. Award yang setiap tahunnya diberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News